Thursday, July 21, 2022

Apa itu Shared Hosting, Cloud Hosting Dan VPS Hosting?

Apa itu Shared Hosting, Cloud Hosting Dan VPS Hosting?

Saya awali dari asumsi pakar² Hosting yang pernah saya tanyai ataupun dari artikel² yg bnyk kita temui di internet.
Ada yg bilang "cloud hosting merupakan sebuah/1 server digunakan hanya untuk satu user saja"
ada juga yang bilang "Yang membedakan antara shared hosting dan cloud hosting adalah inodenya, klu shared hosting ada inodenya sdngkan cloud hosting tidak ada inodenya"

Shared Hosting, 1 server digunakan oleh banyk user bisa itu sampai ratusan user/website didalam server tersebut.

Dari pendapat pakar² hosting yang saya tanyai sprtinya smuanya masih rancu tentang apa itu shared hosting, cloud hosting dan VPS hosting

Sepintas pemikiran Saya, apakah itu hanya  strategi Sales?

Masuk ke asumsi Saya dari apa yg selama ini saya pantau tentang apa itu shared hosting, cloud hosting dan vps hosting.

Kemarin saya prnh tanya sama tim support dari NiagaGhoster tentang apa itu cloudhosting, mrka menjawabnya "1 server dpt  digunakan oleh bbrapa user , mrka gk bilang jumlah yg pasti brpa bnyk user dlm 1 server , yg pastinya lebih dari 1 user.

Bantahan Saya tentang cloud hosting yang katanya tidak ada inodenya.

Di Niagahost, layanan Cloud Hosting dibatasi dng Inode. Saya dlu sempat pakai layanan cloud hosting mrka. Apakah ditempat  lain cloud hosting inodenya tdk dibatasi? Lah jdi yg mana shared dan yang mana cloud? Dibatasi atau tidak dibatasi inode nya?

Kebanyakan perusahaan penyedia hosting di indonesia menggunakan VIRTUAL SERVER, krn tdk memiliki server fisik. Mereka menyewa server virtual (dedicated server) yg sepenuhnya resource dari server trsebut mereka gunakan.

Mrka menyewa di Penyedia Server sprti Google Cloud, Amazon, Alibaba, Phoenixnab, Azure dll. Mereka memprogram server tersebut. Misalkan 1 server memiliki resource 24 Core 48 Ram 1TB Storage dng biaya sewa 50 juta pertahunnya.
Dan disinilah keahlian seorang programmer untuk membagikan/mempartisi resource server trsebut menjadi VPS agar dapat dijual kembali dng harga terjangkau dan mendapatkan keuntungan yg maksimal.

Menurut saya yang membedakan SHARED HOSTING dan CLOUD HOSTING itu hanya resource dan layanan yg mrka tawari ke customer, krn smua itu berjalan di CLOUD VPS.

Shared Hosting berjalan di Cloud VPS dng resource yg sangat terbatas, setimpal dng harganya yg murah, dibeberapa penyedia hosting merka menyebutkan spek server yg digunakan untk shared hosting yg mrka tawarkan.

Cloud Hosting berjalan di Cloud VPS dng resource dan storage yg telah ditentukan/ditawarkan ke customer, dan biasanya sdh terkelola. makanya harganya jauh lebih mahal dari shared hosting.

VPS Hosting berjalan di Cloud VPS tapi belum terprogram, hanya resource saja yg didapat, lain halnya shared hosting dan cloud hosting yg sdh diprogram. harganya pun lebih murah dari Cloud Hosting tapi lebih mahal dari shared hosting.

Jadi pada intinya semua itu berjalan di CLOUD VPS.
*CLOUD itu teknologinya.

Saat ini semua website saya di hosting di penyedia hosting luar negeri. mereka tidak ada produk Cloud Hosting, dan kebanyakan penyedia hosting luar negeri tidak ada Kata Cloud Hosting didaftar produknya, krna kata Cloud Hosting itu lebih tepatnya untuk mereka adalah MANAGED VPS ( VPS yang sepenuhnya terkelola).

Fendie Wsp/FB

No comments:

Post a Comment